Kamis, 14 Oktober 2010

Yamaha Grizly FI Mengenal Manfaat Grizly Lebih Dekat

 “Yamaha Grizly FI bukanlah motor, tapi ATV (All Terrain Vehicle)” tegas Indra Gumay, Divisi ATV PT. YMKI (Yamaha Motor Kencana Indonesia). “ATV ini dilengkapi sistem penggerak roda 4 WD sehingga lincah bermanuver disegala medan dan ringan sehingga tidak merusak jalan di area perkebunan sawit berlahan gambut sekalipun” ungkapnya lagi.

Merunut dari dasar katanya, all terrain vehicle berarti kendaraan untuk semua medan. Sejatinya ATV dapat dipergunakan oleh semua kalangan pada semua medan. Hanya saja Yamaha Motor Coorporate, sebagai salah satu perusahaan otomotif terkemuka di dunia, melarang keras penggunaan produk-produk ATV Yamaha, untuk dipergunakan di jalan umum (on the road), karena dikhawatirkan masyarakat mensalah gunakan kendaraan ini seperti, balap liar, aksi huru-hara dan kebut-kebutan dijalan umum yang dapat menggangu keselamatan pengguna jalan lain. Dengan kata lain ATV ini khusus diperuntukkan  off road

Sebagai salah satu negara peng-exsport minyak sawit terbesar di dunia, Indonesia mempunyai puluhan juta area perkebunan yang tersebar di daerah Sumatera, Kalimantan dan daerah lainnya. Setiap bulannya TBS (tandan Buah Segar) berhasil diunduh dari area-area perkebunan tersebut. 

Namun secara pengelolaan dan manajemen lahan, perusahaan-perusahaan kebun kelapa sawit di Indonesia masih terkendala sarana tranportasi yang memadai untuk menunjang hasil panen yang melimpah ruah. Jelas saja mengalami kendala transportasi, karena sebagian besar lahan kelapa sawit di Indonesia, berdiri diatas lahan gambut yang memerlukan perawatan dan pemugaran yang intens. Saat ini di Sumatera saja luas area lahan gambutnya berkisar antara 7,3–9,7 juta hektare atau kira-kira seperempat luas lahan gambut di seluruh daerah tropika. 

Gambut adalah jenis tanah di lahan-lahan basah dengan kedalaman 5-20 cm. Lahan ini terbentuk dari akumulasi sisa-sisa tetumbuhan yang setengah membusuk, sehingga bahan organiknya tinggi. 

Manfaat Yamaha Grizly FI

Lahan gambut lebih cepat erosi jika dilalui beban yang berat, seperti kendaraan konvensional yang selama ini dipergunakan. Padahal kendaran-kendaraan tersebut sangat dibutuhkan di perkebunan kelapa sawit untuk mengangkut hasil panen. Alhasil setiap dua bulan sekali, lahan gambut harus ditimbun tanah agar tidak amblas. Sehingga memerlukan biaya yang cukup tinggi, karena harus melibatkan back hoe atau long arm.

Atas dasar itulah, Yamaha Grizly FI lahir di Indonesia untuk membantu perkebunan kelapa sawit dalam menjelajah area perkebunan yang ekstrem sekalipun, sehingga setiap TBS dapat terangkut hingga sampai main road (jalanan utama).
Selain bisa menjangkau semua medan yang sulit dijangkau kendaraan lain, pengoperasian Yamaha Grizly mudah dan aman, karena sebelumnya pengguna/operator ATV ini dibekali safety riding dan sebagai tanda bukti telah mengikuti pelatihannya, Yamaha akan mengeluarkan sertifikat. 

Apa saja manfaat lain Yamaha Grizly selain dapat menjelajah area pedalaman: 

1.      Tidak merusak struktur jalan gambut, karena Yamaha Grizly FI ringan.
2.      Mempermudah pengangkutan hasil panen dari area yang ektrem sekalipun, sehingga TBS tidak banyak yang terbuang.
3.      Membantu mengangkut bibit, pupuk tanah, polibag dan material yang dibutuhkan perkebunan lainnya.
4.      Membantu proses pemadaman kebakaran, Yamaha Grizly FI dapat mengangkut mesin semprot air dari anhangnya dan meluncur ke lokasi yang paling dekat dengan titik api.  

Ukuran Yamaha Grizly yang tidak terlalu besar dengan suspensi dan ban off road untuk menjaga kestabilan berkendara Dengan daya jelajahnya dapat membantu pekerja perkebunan kelapa sawit, untuk berbagai aktifitas perkebunan. 

Bagi pekebun sawit besar maupun kecil, waktu sangatlah berharga dalam proses budidaya dan panen Tandan Buah Segar (TBS). Kualitas TBS juga dipengaruhi aktifitas pengangkutan. Disinilah peran Yamaha Grizly FI yang dapat mengangkut TBS  kelapa sawit secara banyak dan terus-menerus, sehingga pekerjaan pekebun menjadi semakin berkualitas dan mudah karena peran Yamaha Grizly si penakluk tangguh yang menguntungkan. 


Teks & Foto: Awan SB

Tidak ada komentar:

Posting Komentar