Kamis, 14 Oktober 2010

Mobil Kepresidenan Dari Masa Ke Masa




Mobil kepresidenan adalah mobil yang digunakan oleh presiden atau pemimpin suatu Negara untuk menunjang kegiatannya, penyambutan tamu negara atau lainnya.

Selain mewah, mobil kepresidenan juga dilengkapi sistem keamanan terpadu untuk melindungi presiden. Beberapa sistem keamanan tersebut antara lain, menggunakan ban tipe pneumatic yang dirancang tahan bocor, dengan roda yang terbuat dari baja khusus yang mampu tetap melaju tanpa ban terpasang.

Panel-penel terbuat dari bahan-bahan yang amat keras, perpaduan unsur titanium, alumunium dan keramik, sehingga tahan peluru. Pintu berlapis baja setebal 8 inches, dengan bobot setara pintu kabin pada Boeing 757, yang tidak akan tembus oleh ledakan granat sekali pun. Di dalamnya dilengkapi pula, senjata tembak, meriam gas air mata, kamera malam hari, dan aneka fasilitas lainnya.

Kendaraan kepresiden biasanya menggunakan merek yang dapat diproduksi di dalam negeri, salah satu tujuannya untuk memacu industri otomotif dalam negeri seperti Volvo, Toyota, Jaguar, dan Lincoln, bahkan buatan lokal lain seperti Tata (India) dan Proton (Malaysia)

Di Indonesia yang telah memiliki 6 presiden, mobil-mobil kepresidenan disimpan di Museum Gedung Joang 45 Menteng 31, Jakarta. Diantaranya adalah Mobil Buick-8 dan DeSoto sebagai kendaraan dinas pertama Presiden dan Wakil Presiden Indonesia pertama Soekarno dan Mohammad Hatta.

Mobil Buick-8

Mobil Buick-8, buatan Buick adalah Mobil Kepresidenan Republik Indonesia yang pertama digunakan setelah proklamasi kemerdekaan Indonesia. Digunakan antara 1945-1949.

Selain Mobil Buick-8, Mobil dinas Presiden Soekarno antara lain Cadillac 75, Mercedes-Benz 600, GAZ 13 , Zil 111, Lincoln Cosmopolitan (limosin cabrio) dan Chrysler Imperial hadiah dari Raja Arab Saudi. Tipe Imperial 38 ini, bernomor polisi B 9105, Mobil ini terdapat cacat di spatbor kiri mobil dan kaca belakangnya, keadaan ini tetap dipertahankan sebagai bukti sejarah Peristiwa Cikini. Menurut ceritanya, ketika Presiden Soekarno menjemput anak-anaknya yang bersekolah di Perguruan Cikini, mobil ini selamat dari ledakan granat yang dilemparkan orang yang tak dikenal.

DeSoto 1942

Mobil DeSoto keluaran 1942 ini digunakan wakil persiden RI, Mohammad Hatta. De Soto merupakan mobil hadiah dari pengusaha Djohan Djohor, pengusaha sukses di Jakarta masa itu. Mobil inilah yang digunakan Mohammad Hatta dalam melaksanakan jabatannya sebagai Wakil Presiden baik di Jakarta maupun Yogyakarta.

Mercedes-Benz S600 






Presiden Susilo Bambang Yudhoyono sering sekali dilihat menggunakan Mercedes-Benz S600 keluaran 1994. Mobil ini sudah digunakan sejak tahun 1995 oleh Alm. Presiden Suharto. Dalam kondisi tertentu, seperti contoh ke luar kota atau banjir, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono sering menggunakan mobil pribadinya, yaitu BMW X5 berarmor. Sejak awal tahun 2009, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono telah menggunakan mobil Mercedes-Benz S600 keluaran tahun 2008, dan mobil Mercedes yang lama dijadikan cadangan.

Oleh: Awan SB (dari berbagai sumber) Foto: Ist

Tidak ada komentar:

Posting Komentar