Kamis, 14 Oktober 2010

Press Release Yamaha Raih ICSA

PRESS RELEASE
Oleh: Awan SB

Yamaha Indonesia sebagai produsen sepeda motor yang diageni PT. YMKI (Yamaha Motor Kencana Indonesia), kembali meraih penghargaan dari Customer Satisfaction Award (ICSA) 2010 di Shangrilla Hotel, Jakarta, 05 Oktober 2010. Penghargaan ini adalah kali keempat Yamaha memperolehnya sebagai The Best In Achieving Total Customer Satisfaction untuk kategori automatic motor cycle dan dua kali pada kategori motorsport.

Bagi Yamaha, kepuasan pelanggan dan pelayanan yang baik untuk konsumen lebih utama daripada hanya mengejar orientasi penjualan. Hal ini dibuktikan Yamaha dengan kedekatannya bersama komunitas bermotor dan masyarakat luas.

Tak jarang Yamaha melibatkan komunitas bermotor, untuk ikut serta di setiap aktivitasnya. Salah satu contohnya, pada aktivitas Amazing Journey yang berlangsung di Savana, Gunung Bromo, beberapa waktu lalu. Pada kesempatan itu, Yamaha melibatkan berbagai komunitas bermotor tanpa melihat brand, untuk mengenal salah satu eksotisme keindahan alam Indonesia dengan berpetualang di alam bebas, sembari menjajal motorsport Yamaha.

Tidak hanya itu saja, melalui divisi racing-nya, Yamaha berusaha menciptakan pebalap-pebalap yang diharapkan mampu berbicara banyak di pentas nasional dan internasional, dengan pembinaan balap di even Yamaha Cup Race (YCR) dan terus berjenjang hingga ke pentas balap yang lebih tinggi lagi.

Melalui divisi promosi, Yamaha menggelar berbagai acara yang dapat masyarakat luas rasakan langsung manfaatnya seperti, aktivitas Inspiring Ramadhan dengan berkeliling ke beberapa sekolah untuk memberikan dasar pengetahuan agama dan pengenalan safety riding berkendara. Even Pesta Merdeka yang menghibur masyarakat di hari kemerdekaan. Even Pemilihan Puteri Indonesia dengan tujuan mensupport wanita Indonesia untuk terus berkarya dan mengharumkan nama bangsa. Even Cuztomatic dan Kontes Modifikasi untuk menampung tangan-tangan kreatif para modifikator. Even Yamaha Religi, even Darahku Untuk Indonesiaku dan berbagai aktifitas lainnya.

Dari sisi produk, Yamaha selalu menjaga kualitas motor-motornya, kesiapan suku cadang dan menciptakan mekanik-mekanik handal untuk melayani apa saja keluhan konsumen. Berangkat dari itu semua, wajar jika motor-motor after sale Yamaha harganya selalu tinggi di pasaran di banding kompetitor.

Untuk itu, penghargaan ICSA 2010 yang diterima Yamaha ini, sejatinya adalah penghargaan dari masyarakat Indonesia atas keberhasilan Yamaha memenangkan hati konsumen. Baik dari sisi produk maupun dari sisi CSR (Coorporate Social Responsibility).

Tentang ICSA
Alat ukur ICSA adalah ICSI (Indonesian Customer Satisfaction Index) yang melakukan survey di 6 kota besar yaitu, Jakarta, Bandung, Semarang, Surabaya, Medan dan Makassar. Jumlah sampel yang digunakan untuk pengukuran ICSI ini sebanyak 8400 orang, terdiri dari 7200 responden random random ditambah 1200 responden booster. Responden booster ditambahkan untuk masing-masing kategori produk yang termasuk produk premium dalam rangka meningkatkan incidence rate.

Metode pengambilan sampel random dilakukan dengan multistage area random sampling, sedangkan untuk sampel booster dilakukan dengan purposive sampling. Survei ini dilaksanakan dengan face to face personal interview.

Kriteria responden random adalah berusia antara 15-65 tahun, tingkat pengeluaran keluarga perbulan bervariasi dari E (kurang dari Rp 750 ribu) hingga A (lebih dari Rp 3,5 juta), dan komposisi jenis kelaminnya ditentukan dengan quota 50% pria dan 50% wanita. Untuk responden booster, kriterianya relatif sama dengan responden random, kecuali untuk tingkat pengeluaran per bulannya di batasi minimal SES A (lebih dari Rp 3,5 juta).

Ada empat parameter yang digunakan untuk mengukur tingkat kepuasan pelanggan

1. Kepuasan pelanggan terhadap kualitas produk atau jasa yang biasa disebut dengan Quality Satisfaction Score (QSS)
2. Kepuasan terhadap harga yang mereka bayar atau disebut dengan Value Satisfaction Score (VSS)
3. Perceived Best (PB) yang merupakan keyakinan pelanggan bahwa merek yang telah mereka gunakan adakah merek yang terbaik dalam hal kepuasan konsumen
4. Expectation Score (ES) yang merupakan pengukuran terhadap harapan pelanggan terhadap suatu merek akan kemampuannya dalam memberikan kepuasan dimasa mendatang

Tidak ada komentar:

Posting Komentar