Kamis, 14 Oktober 2010

Tips Merawat Velg




10 Jurus Jitu Merawat Velg

Jika dilihat dari jenisnya, ada dua jenis velg motor yang umumnya banyak digunakan. Pertama jenis konvensional seperti velg jari-jari (spoke wheel) yaitu velg yang menggunakan kawat logam (jari-jari) yang membentuk pola tertentu. Kedua velg palang atau biasa disebut velg logam atau velg racing (solid wheel) yaitu velg yang lapisan pendukungnya berpola jari-jari besar membentuk satu kesatuan unit. Bagaimana cara merawat keduanya? Lets share together...

1. Bersih-Bersih
Biasakan membersihkan velg secara menyeluruh, terutama ketika terkena air hujan. Karena semakin bersih velg maka semakin terhindar dari karat, selain itu kebersihan velg juga menambah rasa percaya diri pengendaranya. Biasanya velg racing lebih mudah dikontrol dan lebih mudah dibersihkan. Hemm…velg bersih menandakan pengendaranya lho .

2. Jaga Tekanan Udara
Tekanan udara berpengaruh pada fungsi dan juga keawetan velg. Jika tekanan udara pada ban semakin kecil, maka semakin besar peluang kerusakan velg akibat seringnya berbenturan dengan batu atau lobang jalan.

3. Pergunakan Alat Yang Tepat
Jenis logam yang ada di velg adalah jenis logam yang lunak seperti alumunium atau plat besi kecil. Maka pergunakanlah alat yang tepat atau yang biasa digunakan untuk membuka ban. Sedikit saja badan velg tergores, maka hal itu itu bisa menjadi celah pertama kerusakan velg.

4. Lapisi Kain
Biasakan menggunakan kain kecil halus untuk melapisi alat pendongkel ban, terapkan hal ini juga untuk tukang tambal ban. Hal ini berfungsi untuk menjaga cat velg atau warna asli velg.

5. Ukuran Ban dan Velg Standar
Modifikasi boleh saja, tapi tetap perhatikan azas layak pakai. Contohnya tidak diperkenankannya penggunaan ban yang melebihi diameter velg, karena dapat mempengaruhi manuver ban dan mengurangi keseimbangan putaran roda. Jelas hal ini tidak dibenarkan.

6. Pilihlah Velg yang Tepat
Memilih velg yang tepat adalah yang asli keluaran pabrik atau yang bermerek. Termasuk memilih jari-jari untuk velg biasa juga harus yang asli. Mengingat campuran logam yang ada pada velg terdiri dari berbagai unsur yang komplek, jangan kepincut dengan yang murah, kalau ujung-ujungnya tidak awet dan bisa membahayakan pengendaranya. Selain itu jangan membeli velg berbahan magg allog veg, karena unsur magnesiumnya dapat menyebabkan kebakaran.

7. Hindari Lobang
Unsur penting lainnya merawat velg adalah membiasakan diri menghindari lobang jalan. Semakin sering terkena lobang, bukan hanya tekanan angin saja yang semakin berkurang, tetapi juga dapat merusak keutuhan velg dan ban luar.

8. Hindari Off Road
Jika lubang jalan saja tidak diperbolehkan, apalagi lintasan jalan off road atau jalan yang rusak parah. Namun jika terpaksa, pelan-pelan saja berkendara dilintasan yang seperti itu, agar velg, ban luar dan shock breaker tetap awet.

9. Pilih Rem yang Terpisah
Ketika akan membeli motor, pilihlah selalu kaki-kaki depan yang menggunakan velg yang terpisah dengan cakram. Karena pilihan rem yang menyatu dengan drum velg adalah pemborosan. Karena jika rem nya mengalami kerusakan, maka harus diganti semuanya berikut velgnya. Ingat drum rem tersebut juga bagian dari velg. Padahal harga velg mahal kan?

10. Servis atau Beli yang Baru?
Kerusakan velg memang dapat diperbaiki, tapi jika sudah parah (total loss) apalagi banyak bagian velg yang sudah keropos dan patah, maka lebih baik diganti saja. Karena velg yang sudah rusak, tidak bisa diperbaiki dan berfungsi 100% seperti semula. 

Teks: Awan SB. Foto: Ist



Tidak ada komentar:

Posting Komentar